Thursday, January 24, 2019

Belajar Pengenalan dan Instalasi Android Studio dengan Mudah


Belajar Pengenalan dan Instalasi Android Studio dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini saya dwi developers akan membahas tutorial tentang Belajar pengenalan dan Instalasi android Studio dengan sangat mudah. Ini adalah Tutorial pertama jadi saya akan membahas langkah demi langkah dasar pengenalan dan Instalasi Android Studio secara bertahap.

Pengenalan tentang Android Studio

Android adalah salah satu simtem operasi mobile yang dikembangkan oleh Linux. Nama pengembang android bernama Andy Rubin, pada awalnya android dikembangkan oleh Android Inc yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005.

Sistem Android bersifat Open Source, jadi kita dapat dengan bebas mengembangkan aplikasinya tanpa harus membayar terlebih dahulu. Dalam mengembangkan aplikasi android kita harus memiliki Skill khusus yang disebut Coding.

Kita harus menguasai pemrograman JAVA dan Object Oriented Programing terlebih dahulu. Agar kita dapat menguasai skill tersebut kita harus berusaha belajar dan belajar dari sumber-sumber yang menyediakan pembelajaran untuk pemrograman tersebut.

Dalam mengembangkan aplikasi android ada beberapa Tool yang harus kita gunakan, salah satunya adalah Java Jdk dan Android Studio. Masing-masing Tool tersebut dapat didownload disitus resminya Java Jdk ( download disini ) dan Android Studio ( download disini ), untung masing-masing Tool tersebut dapat didownload pada Versi terbarunya dan harus sesuai dengan Sistem operasi yang akan kita gunakan dikomputer atau Laptop (x32 / x64).

Untuk spesifikasi Komputer / Laptop yang disarankan yaitu :
  • RAM minimal 4GB
  • Prossesor I5
untuk lebih jelasnya tentang spesifikasi Komputer dan Laptop dapat dibaca di situs resmi Android Developer.

Instalasi Android Studio

Setelah anda menyiapkan semua peralatan diatas saatnya kita mulai dengan instalasi Android Studio. Yang pertama anda install Java Jdk terlebih dahulu, cara installnya sama dengan menginstal aplikasi seperti biasa tinggal Run dan ikuti langkahnya sampai selesai.

Java itu sangat penting untuk membangun aplikasi android dengan menggunakan Android Studio, karena kita akan menuliskan kode dalam bahasa pemrograman Java.

Untuk anda yang memakai Windows 64Bit, anda tidak perlu menginstal Java Jdk lagi karena didalam aplikasi android studio terbaru sudah dilengkapi dengan Java Jdk.

Proses selanjutnya adalah menginstal Android Studio, Android Studio merupakan aplikasi yang direkomendasikan oleh google untuk mengembangkan aplikasi android dimana sebelumnya kita bisa menggunakan eclipse untuk mengembangkan aplikasi android.

Cara instal android studio sama halnya seperti mengistal aplikasi lainnya, namun sebelum menggunakan android studio kita harus menginstal SDK nya terlebih dahulu. Caranya pun sangatlah mudah, buka android studionya dan akan tampil seperti dibawah ini :

Belajar Pengenalan dan Instalasi Android Studio dengan Mudah

Tekan OK dan kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Belajar Pengenalan dan Instalasi Android Studio dengan Mudah

Silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai, setelah proses selesai anda sudah langsung bisa menggunakan Android Studio.

Begitulah Tutorial tentang cara Belajar Pengenalan dan Instalasi Android Studio dengan Mudah, bila anda masih belum paham silahkan tulis komentar dibawah ini dan saya akan membalasnya dengan sesegera mungkin. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • dwidevelopers com android
  • sejarah android studio versi nya
  • skil dalam android studio
  • pengenalan android studio
  • malasngoding tutorial mobile aplikasi
  • android studio dwidevelopers
  • dwidevelopersandroid
  • cara membuat SMS Online Berbasis Client-Server android studio
  • Belajar coding android
  • andtoid dwidevelopers